STRATEGI BISNIS MIE AYAM
DENGAN MODAL KECIL, NAMUN OMSET TINGGI
Pada dasarnya alasan utama orang membuka usaha adalah faktor ekonomi,selain itu juga contohnya seperti memulai usaha dari hobi yang ia sukai,jadi sebelum memulai usaha senantiasa harus mempersiapkan diri mental dan juga modal,karnena dalam usaha tidak selamanya manis,karena ada untung dan rugi juga,untuk itu kita harus memikirkan dengan matang matang,akan seperti apa bisnis yang akan kita rintis.
Selain itu kita juga harus melihat peluang dalam berbisnis,ataupun strategi dalam penjualan ,karena tanpa itu kita tidak akan meraih keuntungan ,sebab point terpenting dalam usaha adalah pemasaran,baik dibawah ini akan saya rincikan sebuah bisnis dengan modal kecil serta strategi dalam penjualan,dan dengan analisis modal simak dibawah ini.
PEDAGANG MIE AYAM
Disetiap daerah atau di jalan pasti anda sering menemukan pedagang umkm mie ayam ,mie ayam sangatlah tidak asing lagi bagi kita,selain rasanya enak dan murah ternyata bisnis ini sangat menguntungkan bagi pedagang umkm,lantas apakah masih ada peluang bisnis jikalau ternyata para pedagang mi ayam sudah banyak? tentu saja masih ada peluang ! selagi kita mau berusaha,dan persiapan yang mantap untuk berbisnis.
Mie ayam adalah salah satu makanan khas indonesia ,jadi sangat akrab dengan lidah orang indonesia .meski mie ayam bukan makanan pokok orang indonesia namun mie juga bisa menggantikan makanan pokok yaitu nasi,nah dibawah ini akan dituliskan permulaan bisnis umkm dalam berjualan mie ayam.
A. permulaan berbisnis
berikut beberapa persiapan yang bisa dilakukkan untuk memulai berbisnis berjualan mie ayam;
- hal pertama kita harus mencari tahu tentang pembuatan mie ayam baik melalui buku,internet ataupun referensi lain,atau lebih jelasnya anda juga bisa mendatangi pengusaha mie yang terkenal dan belajar langsung kepadanya.tentang pembuatan,peralatan yang dibutuhkan,maupun pemasaranya.
- menyiapkan peralatan untuk membuat mie dan perlengkapan penjualan
- setelah itu mulailah utuk mencari tempat yang strategis untuk pemasaran , lalu tentukanlah tipe berdagang yang seperti apa yang akan kamu jalani, dengan gerobak penjualan kaki lia atau dengan mangkal dengan satu tempat .
setelah kita sudah paham dengan permulaan bisnis kita juga harus tau apa saja hambatanya dalam berdagang mie ayam,setelah disurvey berikut adalah beberapa hambatan dalam berdagaang mie ayam yang pernah dialami ooleh pedagang mie ayam.
B. Hambatan bisnis mie ayam
- Banyaknya pesaing , namun demikian pesaing pedagang dapat bisa dihadapi dengan strategi yang tepat ,dan disinilah dimulai sebagai pembisnis yang tangguh
- Dipalak preman , karena tidak membayar mie ayam yang sudah dimakan atau bahkan ditipu, itu adalah salah satu hambatan yang sering dirasakan oleh pedagang
- naiknya bahan baku.
Setelah kita memahami apasaja hambatan yang kemungkinan akan terjadi dalam berdagang , selanjutnya mulai lah sengan menyusun strategi bisnis agar banyak peminat nya ,dibawah ini telah dituliskan strategi bisnis pedagang mie ayam.
C. Strategi bisnis mie ayam
-Carilah tempat usaha yang strategis ,jika ingin berdagang keliling carilah tempat yang belum menjadi langganan pedagang lain,biasanya pedagang mie ayam atau pedagang keliling memiliki daerah kekuasaan masing-masing ,jangan sampai kita mengambil daerah kekuasaan pedagang lain ,namun juga hindari tempat sepi dan tidak ada premanya.
-Memberikan servis terbaik untuk pembeli ,ini salah stu hal yang tidak boleh ditinggal oleh semua pembisnis dalam bidang apapun.
-Menjual produk terbaik,baik mutu maupun rasa,
-Bila sudah yakin bahwa dagangan kita berkualitas dan rasanya makanan produksi kita bagus,bersiaplah untuk memulai bersaing dengan harga ,karena konsumen akan tetap mengejar penjual makanan kalau makanan kita enak dan mempunyai ciri rasa yang khas dan berbeda dengan yang lain.
-Lalu merekrut karyawan yang benar-benar komit untuk menjaga mutu produk ,terutama bila seseorang pengusaha yang ingin membuka cabang lain di tempat lain.
- untuk menekan biaya produksi harus sering survei harga bahan baku ke beberapa pasar
- terakhir membuat inovasi rasa baru atau bahan baru yang lebih sehat dan menarik.
Selanjutnya setelah mengetahui strategi yang telah kita susun mulailah dengan menganalisis modal awal,dibawah ini susunan analisis modal awal untuk berdagang mie ayam..
D. Analisis modal awal mie ayam
modal awal;
gerobag 1 buah Rp. 1.000.000
kompor gas 1 pasang Rp. 250.000
tabung gas kecil 2 kg Rp. 160.000
oblong( tempat masak mie ) Rp. 500.000
mangkuk 2 lusin Rp. 60.000
sendok 2 lusin Rp. 50.000
sumpit 2 lusin Rp. 18.000
saringan mie ayam Rp. 35.000
sendok sayur 1 Rp. 15.000
mesin penggiling mie 1 buah Rp. 500.000
jumlah : Rp. 2.588.000
perlengkapan
kantong plastik Rp. 50.000
plastik bungkus Rp. 50.000
jumlah Rp. 100.000
bahan baku
sambal Rp. 10.000
kecap Rp. 3.500
saous Rp. 6.000
ayam Rp. 66.000
sayuran (sawi dll) Rp. 12.000
bumbu (lain-lain) Rp. 10.000
minyak sayur Rp. 10.000
tepung terigu (untuk mie) Rp. 30.000
telor Rp. 12.000
jumlah = Rp. 159.000
Analisis modal usaha tersebut dengan asumsi bahwa penjual memproduksi mie y sendiri sehingga dibutuhkan bahan baku utama ,yaitu tepung dan telor,setiap 1 kg tepung ,akan menghasilkan mie sekitar 15 porsi adapun telur dibutuhkan sekitar 4-5 butir untuk setiap 1 kg telor maka analisisnya seperti yang sudah ditulis diatas.
nah itulah gambaran modal usaha dan strategi penjulan mie ayam dengan omset tinggi,mari mencoba....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar