Sabtu, 09 Oktober 2021

TRIK JITU ,Agar mudah paham matematika kurikulum 2013 sd kelas 2,3,4,5,6 tentah oprasi bilangan cacah.(penjumlahan,perkalian,pengurangan dan pembagian)

                            OPERASI BILANGAN CACAH

                       


Dari artikel sebelumnaya kakak sudah menjelaskan dasar dasar dari bilangan ,untuk kali ini kakak akan jelaskan cara pengerjaan bilangan cacah yang sederhana dan cepat dipahami.

    Yuk adik-adik simak rangkuman pengerjaan operasi bilangan cacah sebelumnya coba adik-adik pahami gambar dibawah ini.


Baca jugahttps://senangjawabmatematika1.blogspot.com/2022/02/materi-lengkap-teks-anekdotpengertianci.html




Dari gambar diatas adik-adik dapat memahami apakah itu nilai bilangan,lambang bilangan,nilai tempat,dalam bentuk angka.

    Kemudian adik-adik,bilangan adalah cara membaca angka,sedangkan lambang bilangan adalah dalam bentuk angaka,dan nilai tempat dari bilangan seperti satuan,puluhan berdasarkan letaknya,yang nilai angkanya disesuaikan dengan nilai tempatnuya.kakak akan uraikan contoh soalnya

0 ditempat ribuan

4 ditempat ratusan

2 ditempat puluhan ribu

5 ditempat satuan

7 ditempat puluhan

  Kali ini adik-adik harus tahu nilai dari urutan berdasarkan angka tersebut ,dari keterangan tempat itu, kita bisa susun nilai tempat yang sesuai urutanya yaitu satuan berada dipaling belakang dan nilai tempat terbesar ada di depan .

sehingga dalam soal itu ,nilai tempat yang paling besar adalah puluhan ribu -ribuan-ratusan-puluhan -satuan.sehingga lambang bilanganya dapat disusun menjadi 20475,nah seperti itu adik-adik sangat mudah kan!..

Selanjutnya ,kakak akan jelaskan tentang OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH (penjumlahan) untuk pembahasan ini adik-adik harus dapat memahami penjumlahan dalam bilangan cacah ,di bawah ini kakak akan contohkan sebuah operasi hitung bilangan cacah penjumlahan sebagai berikut

misal contoh;  2537+4125

Caranya sangat gampang adik-adik kita bisa menyusun terlebih dahulu kebawah dan jumlahkan dari yang paling belakang seperti dibawah ini mari coba perhatikan yah adik-adik.

2537

4125 +

Jadi apabila ada hasilnya lebih dari 10 maka kita bisa menuliskanya angka paling belakang ,kemudian menambahkan 1 angka didepannya ,misalnya 7+5 pada soal diatas hasilnya 12 maka kita bisa menuliskan angka 2 kemudian menambahkan 1 pada angka 3 yang ada di depan angka 7. bila adik-adik belum paham kakak aan lampirkan gambar pengerjaanya di bawah ini.

Dari gambar diatas dapat disimpulkan bahwa hasil dari 2537+4125 = 6662 nah begitu sangat mudahkan adik-adik.

Pembahasan selanjutnya adalah OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH (Pengurangan)
contoh soal;
5782
1345 -
    
   Penjelasanya jika ada angka yang lebih kecil dikurangi yang lebih besar adik-adik bisa meminjam dari angka yang ada di depanya ,misal 2-5 pada saat diatas tidak bisa dikurangi ,namun adik-adik perlu meminjam 1 dari angka yang didepanya.sebagai puluhan sehingga sekarang menjadi 12-5 dan perlu diingat bahwa angka 8 sudah di kurang 1 yang dipinjam ,maka jumlahnya berkurang menjadi 7  sampai berikutnya.
  Agar adik-adik dapat mudah memahaminya kakak uraikan dalam gambar di bawah ini,mari simak dengan cermat.

 Bagaimana? sangat mudahkan adik-adik....

Pembahasan berikutnya tentang OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH (Perkalian) contohnya sebagai berikut.

2145
      7 x

  Untutuk pembahasan tentang operasi perkalian bilangan cacah adik-adik harus menyusun pendek kemudian mengalikan semua angka dengan 7 
misalnya 5x7 = 35 angka 3 kita simpan dulu lalu tuliskan angka 5 ,dan saat sudah dihitung 4x7 =28 ditambah 3 dari yang disimpan tadi maka hasilnya 31 dan angka 1 kita tuliskan dan 3 kita simpan untuk ditambahkan pada hasil berikutnya sampai angka terdepan.sehingga dari soal diatas adik-adik bisa mengalikan 5x7,40x7,100x7,2000x7 yang kemudian  hasilnya bersusun ke bawah seperti gambar di bawah ini.
Sangat mudah dipahami bukan?.....
jadi jumlah dari soal operasi perkalian bilangan cacah taersebut adalah 15015

terakhir OPERASI BILANGAN CACAH (Pembagian)
      Beda dengan pembagian untuk operasi bilangan cacah pembagian. adik-adik harus membaginya dari angka yang ada di depan ,kita bisa mencoba dengan digit pertama kalu tidak bisa dibagikan di digit pertama bisa langsung ambil dua digit dari bilangan tersebut .sangat mudah kan....


kakak sudahi untuk pembelajaran di artikel ini semoga membantu..dan jangan lupa liat artikel ...
semangattt belajarr...

















1 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasi kk yang udah bikin artikel ini mudah di pahami sekali lagi makasi

KERAJINAN SERAT, materi prakarya lengkap pembahasanya

  KERAJINAN SERAT H allo adik-adik bagaimana kabarnya hari ini,apakah adik-adik sudah belajar ..pada kesempatan kali ini kakak akan membahas...